-->
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI HIPERMAWA KOMISARIAT MANIANGPAJO

 

  • Nongki (Nongkrong Keilmuan) Kelas Epistemologi

    MAROS - Pengurus Harian Hipermawa Komisariat Maniangpajo menyelenggarakan kegiatan Nongki kelas Epistemologi di Perumahan Moncongloe Permai C/3 , Moncongloe, Maros, Minggu (03/07).

    Nongkrong Keilmuan atau yang disingkat Nongki merupakan kegiatan kajian/diskusi rutin yang dilaksanakan 1 kali dalam 2 bulan oleh Bidang Keilmuan HIPERMAWA Kom. Maniangpajo Periode 2022 - 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas keilmuan anggota dibidang Keilmuan, maka dari itu kegiatan Nongki ini diisi dengan Kelas Epistemologi. Kelas Epistemologi ini sendiri diadakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilaksanakan di Perumahan Moncongloe Permai, Kab. Maros.

    Kelas Epistemologi yang dibawakan oleh Kakanda A. Fauzi Rafsanjani ini berlangsung selama 2 jam , membahas persoalan seputar Epistemologi, dimana Epistemologi merupakan cabang ilmu filsafat yang mempelajari tentang teori pengetahuan. Epistemologi Terbagi dengan dua kata epistem (pemahamn/pengetahuan) dan logos (tentang sesuatu). Ada dua Instrumen yang cenderung digunakan manusia untuk memperoleh pengetahuan yaitu Akal dan Indra. Selain itu pemateri juga membahas perihal pengelompokan pengetahuan, yaitu berdasarkan Hubungan Subjek - Objek yang terbagi dua yaitu pengetahuan Hudhuri "Hadir" dan pengetahuan Hushuli "Hasil". Kemudian pengetahuan berdasarkan kecepatan berpikir, terbagi dua juga yaitu Badihi dan Ikhtisabi.  Kemudian pengetahuan berdasarkan ada tidaknya Justifikasi juga terbagi 2 yaitu thasawur (gambaran) dan taddhiq (penilaian).

    Kelas Epistemologi pertemuan berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Agustus, adapun yang akan menjadi pembahasan yaitu buku Teori Pengetahuan.


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

MALI SIPARAPPE, REBBA SIPATOKKONG, MALILU SIPAKAINGE