-->
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI HIPERMAWA KOMISARIAT MANIANGPAJO

 

  • RPC Baiknya Dialihkan ke Perusda


    SENGKANG--Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo, Ir Andi Gusti A Makkarodda, mengatakan tidak sepahamannya terhadap rekomendasi Lembaga Peneltian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), UNHAS yang menyarankan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Wajo, agar menjual Rice Processing Complex (penggilingan gabah, red), yang berada di Kelurahan Anabbanua, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo.

    Menurut Andi Gusti, sebaiknya Pemkab) Wajo, melakukan program perubahan pada sistem mekanis, kemudian menyerahkan pengelolaan kepada pihak lain seperti Perusahaan Daerah (Perusda) atau pihak swasta agar RPC tidak lagi menjadi beban bagi APBD Wajo.

    "Revitalisasi sistem mekanis pada alat pengering RPC bagi saya lebih tepat dilakukan buat RPC agar biaya produksi RPC efisien, jika sekarang sistem pengeringnya menggunakan BBM jenis solar maka lebih baik dirubah dengan menggunakan sekam misalnya. kalau itu sudah dilakukan maka pemerintah daerah baru berpikir untuk menyewakan kepihak laen ataukah ingin membuat BUMD untuk mengelola dengan pertimbangan disamping bisa berbisnis dan membuka lapangan kerja baru, BUMD juga bisa berfungsi sosial untuk menstabilkan harga gabah dipasaran guna menyelamatkan petani kita, "kata Andi Gusti, kepada Palopo Pos, Senin, 24 November 2014.

    Mantan Ketua Hipermawa, yang juga akitivis Anti Coruption Community (ACC) Sulsel ini menambahkan, Rice Processing Complex (RPC) dapat beroperasi dengan baik setelah pemerintah menyuntikkan dana buat penyegaran peralatan yang baru dan saya sarankan dikelola oleh perusahaan daerah secara professional.
    "Jika diijual, sudah jauh menurun dari harga pembelian untuk saat ini, jadi sebaiknya serahkan ke Perusahaan Daerah pengelolaannya, dinas yang terkait selama ini cukup menjadi penyeimbang atau pengontrol saja,"tutunya.(rus/ded/d)



  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

MALI SIPARAPPE, REBBA SIPATOKKONG, MALILU SIPAKAINGE