-->
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI HIPERMAWA KOMISARIAT MANIANGPAJO

 

  • Danau tempe di hari lahan basah sedunia

    Danau tempe adalah lahan basah indonesia
    Sumber Foto :http://geomagz.geologi.esdm.go.id
    Wetlands Day atau hari lahan basah yang diperingati setiap tanggal 2 februari merupakan upaya mengkampayekan kepedulian terhadap lahan basah. Meskipun hari lahan basah sedikit awam didengar tetapi peranan lahan basah sangat penting dalam kehidupan manusia baik dalam segi ekologi,ekonomi,hingga kearifan lokal.

    lahan basah diartikan sebagai setiap wilayah yang tergenang oleh air dangkal,baik sebagian atau seluruhnya,dan secara permanen atau musiman.baik genangan itu terbentuk secara alami atau buatan,tergenang oleh air tawar,payau,ataupun air asin serta berupa air diam maupun mengalir.

    Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kawasan lahan basah yang sangat luas dan berkepentingan dalam pengelolaan kawasan lahan basah secara lestari dan berkelanjutan.Total luas lahan basah ini terus mengalami pengurangan dan banyaknya lahan basah beralih fungsi sebagai daerah pemukiman,pertanian,dan eksploitasi lainnya.

    Danau Tempe adalah salah satu lahan basah yang terdapat di kabupaten wajo dan masuk kategori dalam lahan basah daratan,dalam situs weatlands menyebutkan bahwa danau tempe merupakan lahan basah yang mampu meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat sekitarnya.

    Sedimentasi parah menjadi masalah besar Danau tempe yang hingga kini belum teratasi dan terus bertambah, selain itu pencemaran dari aktivitas pertanian,berupa penggunaan pestisida dan pupuk kimia,industri kayu dan perabot,industri percetakan.

    tentunya dengan melihat persoalan didanau tempe agak berbanding terbalik dengan kebijakan nasional pengelolaan lahan basah oleh pemerintah dimana visinya mewujudkan fungsi lahan basah sebagai penyangga kehidupan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat kini dan mendatang.

    Untuk itu di hari lahan basah sedunia, Pemerintah dalam hal pengelolaan lahan basah dilakukan secara terencana ,agar lahan basah dapat dimanfaatkan secara optimal dengan prioritas pada kawasan dengan potensi pemanfaatan yang tinggi atau yang telah mengalami degradasi serta fokus bagi kesejahteraan masyarakat.

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

MALI SIPARAPPE, REBBA SIPATOKKONG, MALILU SIPAKAINGE